-->

MEMBERI NAMA BAYI LAKI-LAKI DENGAN 10 SAHABAT YANG DIJAMIN MASUK SURGA


Sahabat Abdurrahman bin 'Auf menceritakan kepada kita bahwa Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Abu Bakar di Surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali disurga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, Abdurrahman bin 'Auf di surga. Sa'ad di surga, Sa'id disurga, dan Abu Ubaidah ibnul Jarrah disurga." (HR At-Tirmidzi no 3747. dishahihkan oleh Syaikh Al-Bani)

Berita gembira 10 sahabat yang dijamin masuk surga ketika itu mereka masih hidup. Ternyata berita gembira jaminan surga tidak menyebabkan mereka lemah dalam beramal sholeh tetapi tetap istiqomah sampai akhir hayat mereka.

Memberi nama bayi laki-laki anda dengan para sahabat nabi yang dijamin masuk surga adalah pemberian nama yang luar biasa apalagi bila tahu biografi para sahabat tersebut. Anak anda ketika besar diceritakan sahabat yang menjadi namanya maka anak anda akan terpatri di hatinya ingin mencontohnya.

10 SAHABAT YANG DIJAMIN MASUK SURGA

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Nama aslinya adalah Abdullah bin Utsman bin Amir at-Taimi al- Qurasyi. Abu bakar adalah sahabat yang masuk Islam di hari pertama. Beliau yang membebaskan Bilal bin Rabah dari perbudakan dengan uang 40.000 dirham. Belau yang dipilih oleh nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam untuk menemani dalam perjalanan hijrah ke Madinah yang penuh mara bahaya.

2. Umar bin Khattab

Umar adalah sosok yang tegas dan keras. Dulu sebelum masuk Islam termasuk tokoh yang keras memusuhi Islam setelah mendapat hidayah menjadi tokoh yang keras memperjuangkan Islam, Bahkan setan itu lari ketakutan ketika bertemu Umar.

3. Utsman bin Affan

Beliau adalah menantu Rasulullah yaitu menikah dengan Ruqaya setelah Ruqaya meninggal dunia dinikahkan dengan putri Rasulullah yang bernama Ummu Kultsum sehingga beliau dijuluki "dzunnurain" (sahabat pemilik 2 cahaya). Belau terkenal dermawan pernah bersedekah 1000 dirham dan 300 ekor unta lengkap dengan perlengkapan pereng untuk melawan pasukan Romawi.

4. Ali bin Abi Thalib

Beliau menikah dengan putri Rasulullah yang bernama Fatimah dan memilki putra bernama Hasan dan Husain dan memiliki 2 putri yaitu Zainab dan Ummu Kulsum. Ummu Kultsum adalah putri Ali yang menikah dengan Umar bin Khattab. Ali bin Abi Thalib terkenal dengan keberanian dan kepahlawanannya.

5. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah sangat demawan kekayaannya semakin banyak kemudian disedekahkan uangnya seluruhnya sebanyak 400.000 dirham. Beliau mati syahid dalm sebuah peperangan.

6. Zubair bin Awwam

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda " Setiap nabi itu memiliki penolong dan penolongku adalah Zubair". Sejak usia muda (17 tahun) beliau sudah menunjukkan keberaniannya memerangi pasukan kafir dimedan tempur.

7. Abdurahman bin Auf

Terkenal kedermawanannya pernah menjual tanahnya seharga 40.000 dinar (80 milyar bila dirupiahkan) kemudian dibagikan kepda fakir miskin yang dan di kota Madinah dan juga untuk isteri-isteri Rasulullah. Beliau pernah menginfakkan 700 ekor unta dengan penuh dagangan dan bahan makanan di infaqkan semuanya.

8.Sa'ad bin Abi Waqqash

Terkenal dengan do'a yang selalu dikabulkan. Ketika beliau menjadi gubernur  Kufah beliau difitnah orang kemudian beliau doakan orang yang menfitnah dengan 3 hal yaitu dipanjangkan umurnya, dijadikan miskin dan mendapat cobaan ternyata terkabul.

9. Said bin Zaid

Terkenal sebagai sahabat yang selalu ikut perang bersama Rasulullah. ketika menjadi komandan perang melawan pasukan Romawi di perang Yarmuk jumlah pasukan Romawi 120 ribu sedangkan pasukan kaum muslimin 24 ribu.

10. Abu Ubaidah bin Jarrah

Terkenal sebagai sahabat yang gagah berani dan terpercaya.Surat al Mujadalah ayat 22 pujian Allah atas besarnya iman, pengorbanan dan perjuangan Abu Ubaidah. Beliau harus beertempur melawan bapaknya yang kafir di medan jihad.

Nama untuk bayi laki-laki anda dapat dirangkai dengan nama asmaul husna contohnnya Sa'id Abdul Aziz. Atau dengan kata arab lainnya contohnya Sa'id Labib (Said pemberani)

Disqus Comments